1. Menurut
Kotler (2000 : 4) pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan manajerial
dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan usahakan
melalui penciptaan, pertukaran yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan
permintaan seseorang atau kelompok. (http://duniabaca.com/ diakses 29 mei 2016)
Menurut
Sofyan Assauri (2004 : 5) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. (http://duniabaca.com/ diakses 29 mei 2016)
Menurut William J. Stanton dalam Basu
Swasta (1998:179) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha
yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang
ada maupun pembeli potensial. (http://duniabaca.com/
diakses 29 mei 2016)
Menurut Philip Kotler (2001), pemasaran
adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan
manusia melalui proses pertukaran. (http://duniabaca.com/
diakses 29 mei 2016)
Menurut
Djaslim Saladin (2003;1), Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan
bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan. (http://kangnas.blogspot.co.id/ diakses 29 mei 2016)
Jadi,
Pemasaran adalah suatu kegiatan individu/kelompok dimana masing-masing pihak yang
tujuannya untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan melalui
proses menciptakan, menawarkan, dan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
2.
Menurut James A.F. Stoner (2006), “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan
sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi
yang telah ditetapkan sebelumnya”. (http://www.ruangpintar.com/ diakses 29 mei 2016)
Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2), “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan
efisien untuk mencapai satu tujuan.” (http://www.ruangpintar.com/ diakses 29 mei 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar