2. Pemasaran Pada Segmen Pasar Berdasarkan
Klas Sosial
Dalam ilmu pemasaran, sebelum melakukan
berbagai macam promosi atau pendekatan pemasaran lainnya, pasar atau segmen
yang dibidik harus jelas lebih dahulu. Segmentasi merupakan seni
mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar.
karena perilaku membeli sangat dipengaruhi oleh kelas sosial maka kelas sosial
dapat mensegmentasi pasar secara tepat dapat mengidentifikas golongan pasar
tertentu. Untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, kita pertama kali harus
terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan kita jual. Segmentasi
pasar pada intinya membagi potensi pasar menjadi bagian-bagian tertentu; bisa
berdasar pembagian demografis; berdasar kelas ekonomi dan pendidikan ataupun
juga berdasar gaya hidup (psikografis).
3. Pengertian Difusi Serta Elemen Pokoknya
1 1.Difusi inovasi : suatu
proses penyebar serapan ide-ide atau hal-hal yang baru dalam upaya untuk
merubah suatu masyarakat yang terjadi secara terus menerus dari suatu tempat ke
tempat yang lain, dari suatu kurun waktu ke kurun waktu yang berikut, dari
suatu bidang tertentu ke bidang yang lainnya kepada sekelompok anggota dari
sistem sosial.
2 Difusi saluran : alat untuk
menyampaikan pesan-pesan inovasi dari sumber kepada penerima. Jika k omunikasi
dimaksudkan untuk memperkenalkan suatu inovasi kepada khalayak yang banyak dan
tersebar luas, maka saluran komunikasi yang lebih tepat, cepat dan efisien,
adalah media massa. Tetapi jika komunikasi dimaksudkan untuk mengubah sikap
atau perilaku penerima secara personal, maka saluran komunikasi yang paling
tepat adalah saluran interpersonal.
3 3.Difusi jangka waktu : proses
keputusan inovasi dari mulai seseorang mengetahui sampai memutuskan untuk
menerima atau menolaknya. Pengukuhan terhadap keputusan itu sangat berkaitan
dengan dimensi waktu. Paling tidak dimensi waktu terlihat dalam (a) proses
pengambilan keputusan inovasi, (b) keinovatifan Universitas Sumatera Utara
seseorang (relatif lebih awal atau lebih lambat dalam menerima inovasi), dan (c)
kecepatan pengadopsian inovasi dalam sistem sosial.
4.Difusi system social merupakan
kumpulan unit yang berbeda secara fungsional dan terikat dalam kerjasama untuk
memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan bersama.
4. Contoh Suatu Difusi Produk
1 1.Dalam pembelian handphone,
penggunahandphone akan mencari handphone yang
lebih baik dari yang ia gunakan sebelumnya. Misalnya dari penggunaan Nokia berganti
ke Blackberry
2 2. Dalam suku Badui dalam terdapat aturan untuk tidak
menggunakan teknologi dari luar, sehingga bentuk inovasi seperti
alat-elektronik tidak mereka adopsi karena tidak sesuai dengan norma sosial
yang mereka miliki
3 3. Masyarakat pengguna PC atau notebook terbiasa
dengan penggunaan Windows yang lebih mudah dibandingkan Linux, walaupun Linux
memiliki kelebihan dibandingkan Windows tetapi karena penggunaannya lebih rumit
masih sedikit orang yang menggunakan Linux
44. Produk Molto Ultra Sekali Bilas cepat diterima
masyarakat karena secara langsung dapat dibandingkan dengan produk-produk
sejenis lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar