Kamis, 31 Maret 2016

Contoh Karangan Paragraf Generalisasi, Analogi dan Hubungan Kausal Akibat-Akibat



 2. Buatlah 1 paragaraf karangan Generalisasi, Analogi dan Hubungan kausal mengenai Akibat-Akibat

Generalisasi :
Negara Indonesia terkenal dengan banyaknya jumlah kecelakaan lalu lintas. Hampir tiap bulan selalu ada kasus kecelakaan yang menyedot perhatian masyarakat. Selain ditingkat para pengemudi yang banyak sekali melakukan tindakan mengemudi yang tidak patuh akan peraturan di Indonesia berupa tindakan mengemudi ugal-ugalan, surat-surat kendaraan tidak komplit. Maka dapat disimpulkan orang Indonesia tidak patuh terhadap pada saat berkendara.

Analogi :
Belajar ilmu komputer membutuhkan ketelitian apalagi ketika mempelajari bagian dari system komputer tertentu yang butuh tingkat ketelitian yang tinggi. Sama seperti kita mencari jarum di tumpukan jerami ialah hal yang susah namun bukanlah mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat dan konsentrasi.

Hubungan kausal Akibat-Akibat :
Pada saat tanggal 1 Januari 2015 yang lalu Pemerintah mencabut penghapusan subsidi BBM, harga berbagai jenis minyak bumi naik. Minyak tanah, premium, solar, dan lain-lain dinaikkan harganya. Hal ini karena Pemerintah ingin mencabut subsidi dengan harapan supaya ekonomi Indonesia kembali berlangsung normal. Karena harga bahan bakar naik, sudah barang tentu biaya angkutan pun akan naik pula. Jika biaya angkutan naik, harga barang-barang pasti akan ikut naik karena biaya tambahan untuk transportasi harus diperhitungkan. Naiknya harga barang-barang akan dirasakan berat oleh rakyat. Oleh karena itu, kenaikan harga barang harus diimbangi dengan usaha menaikkan pendapatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa saya memilih jurusan Manajemen ?

Tugas Bhs Inggris Bisnis 2 Nama    : Denny Alfiandi NPM     : 12213182 Kelas     : 4EA11 Dosen    : Herlina Lindaria Simanjuntak   ...