Sabtu, 19 Maret 2016

Analisis Data dari Surat Kabar




1. Pada berita yang berjudul “ Bangunan Liar Terus Dibongkar” mengandung paragraph Deduktik, karena berita ini mengungkapkan topik yang kalimat penjelasan terletak di awal dapat dilihat di paragraf 1 “Pemerintah Provinsi Jakarta tetap gencar menertibkan bangunan di lokasi yang bukan peruntukannya, termasuk pada lahan milik Negara. Setelah tempat prostitusi Kalijodo yang berdiri di lahan untuk ruang terbuka hijau diratakan dengan tanah, bangunan liar di sejumlah tempat lainnya juga disasar.

2. Wujud Evidensi:
Data :
a. Disepanjang Jalan Kali Anyar, Kelurahan Kali Anyar, tercatat ada 296 bangunan yang dibongkar paksa pada rabu (16/3) berdiri di atas saluran air sepanjang 1,5 km.
b. Pembongkaran juga akan dilakukan pada 385 bangunan yang berada di kolong Tol Ir Wiyoto Wyono, Jembatan tiga Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara,2 maret lalu.

Informasi :
a. Pembongkaran dilakukan sekitar 150 petugas gabungan dari Suku Dinas Kebersihan, Suku Dinas Pertamanan, Dinas Kebersihan, Petugas Kelurahan dan Kecamatan.
b. Menurut Camat Tambora Djaharudin, bangunan milik warga yang berada diatas saluran air dibongkar karena selama ini kerap menjadi penyebab banjir.

3. Kesimpulan Implikasi atau Inferensi
Pada berita ini mengandung kesimpulan Implikasi yaitu efek yang ditimbulkan di masa depan atau dampak yang dirasakan ketika melakukan sesuatu, Seperti warga yang tinggal dilahan yang milik negara dibongkar untuk dijadikan ruang terbuka hijau,  untuk merefungsi saluran air, untuk normalisasi kali dan untuk pembangunan jalan inspeksi sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat

4. Menguji Data :
a. Observasi : 
Lokasi Kolong tol Wiyoto Wiyono, Jembatan Tiga, Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara.
b.Kesaksian :
Paragraf 5 : Menurut Camat Tambora Djaharudin, bangunan milik warga yang berada diatas saluran air dibongkar karena selama ini kerap menjadi penyebab banjir.
Paragraf 8 : Salah seorang warga  RT01/07 Marsa,65, mengaku sudah puluhan tahun menempati bangunan semipermanen yang ia bangun di atas saluran penghubung.
Paragraf 9 : Menurut  Camat Cengkareng Masud Efendi dari 160 tempat tinggal keluarga yang dibongkar sebanyak 57 keluarga harusnya berhak mendapatkan rumah susun (rusun)
Paragraf 10 : Tuntutan disampaikan Sekretaris Wilayah Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) DKI, Rio Ayudhia Putra saat berunjuk rasa menuntut rusun di depan Balai Kota DKI, Rabu lalu
c. Autoritas :


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Sumber : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa saya memilih jurusan Manajemen ?

Tugas Bhs Inggris Bisnis 2 Nama    : Denny Alfiandi NPM     : 12213182 Kelas     : 4EA11 Dosen    : Herlina Lindaria Simanjuntak   ...