Kamis, 31 Maret 2016

Analisis Berita Online



Jakarta -Harga bensin jenis premium dan solar turun Rp 500/liter menjadi masing-masing Rp 6.450/ liter dan Rp 5.150/ liter. Harga baru dua jenis bensin ini diharapkan tak akan berubah dalam kurun waktu 6 bulan ke depan atau sampai September nanti

"Kita sudah pertimbangkan Juni-Juli  memasuki puasa dan Lebaran. Mudah-mudahan dalam 6 bulan ke depan harga bisa dipertahankan sehingga masyarakat tak terganggu dengan harga yang berfluktuasi," ujar Sudirman di Istana Presiden, Rabu (30/3/2016).

Sudirman menjelaskan, dalam penentuan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar, pemerintah tak melepaskan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sebab, tugas pemerintah menjaga agar BBM tetap stabil, dan jika terjadi kenaikan tak akan terlalu tinggi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto menambahkan, Pertamina siap menjaga agar hargabaru premium dan solar ini bertahan hingga 6 bulan.

"Pertamina sudah siap mempertahankan angka ini sampai September, agar tak ada gejolak dalam kurun waktu 6 bulan ini," tutur Dwi.

1. Pada berita yang berjudul “ Harga Baru Premium dan Solar akan dipertahankan hingga September?” mengandung paragraph Deduktik, karena berita ini mengungkapkan topik yang kalimat penjelasan terletak di awal dapat dilihat di paragraf 1 “-Harga bensin jenis premium dan solar turun Rp 500/liter menjadi masing-masing Rp 6.450/ liter dan Rp 5.150/ liter. Harga baru dua jenis bensin ini diharapkan tak akan berubah dalam kurun waktu 6 bulan ke depan atau sampai September nanti”.
2. Wujud Evidensi:
Data :
a. Mudah-mudahan dalam 6 bulan ke depan harga bisa dipertahankan sehingga masyarakat tak terganggu dengan harga yang berfluktuasi," ujar Sudirman di Istana Presiden, Rabu (30/3/2016).
Informasi
a. Sudirman menjelaskan, dalam penentuan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar, pemerintah tak melepaskan sepenuhnya kepada mekanisme pasar .
b. Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto menambahkan, Pertamina siap menjaga agar harga baru premium dan solar ini bertahan hingga 6 bulan.
3. Kesimpulan Implikasi atau Inferensi
Pada berita ini mengandung kesimpulan Implikasi yaitu efek yang ditimbulkan di masa depan atau dampak yang dirasakan ketika melakukan sesuatu, yaitu masyarakat akan terbantu dengan turunnya harga BBM hemat dalam meminimalkan biaya transportasi sehari-hari
4. Menguji Data :
a. Observasi : 
Di Istana Presiden
b.Kesaksian :
 Paragraf 2 : "Kita sudah pertimbangkan Juni-Juli  memasuki puasa dan Lebaran. Mudah-mudahan dalam 6 bulan ke depan harga bisa dipertahankan sehingga masyarakat tak terganggu dengan harga yang berfluktuasi," ujar Sudirman di Istana Presiden, Rabu (30/3/2016).
Paragraf 4 : Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto menambahkan, Pertamina siap menjaga agar harga baru premium dan solar ini bertahan hingga 6 bulan..
Paragraf 5 : "Pertamina sudah siap mempertahankan angka ini sampai September, agar tak ada gejolak dalam kurun waktu 6 bulan ini," tutur Dwi.
c. Autoritas :
Menteri ESDM Sudirman Said dan Ketua PT Pertamina Dwi Soetjipto
Sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/30/164506/3176010/1034/harga-baru-premium-dan-solar-akan-dipertahankan-hingga-september?mpifinance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa saya memilih jurusan Manajemen ?

Tugas Bhs Inggris Bisnis 2 Nama    : Denny Alfiandi NPM     : 12213182 Kelas     : 4EA11 Dosen    : Herlina Lindaria Simanjuntak   ...